Senin, 03 Mei 2010

My Love Zack Says…..


Penyimpangan Sosial


Pengertian Penyimpangan sosial adalah Suatu perilaku Sosial yang tidak sesuai dengan norma dan nilai di dalam pandangan masyarakat sekitar. Berikut Adalah Contoh Penyimpangan Sosial
Di ……

Dalam Keluarga

Kedua Adik Berebut Mainan baru dibelikan ibu karena hanya satu mainan saja

Penyimpang : Ke 2 Adik

Gara-gara : Mainan Dari Ibu yang hanya 1

Norma Yang dilanggar : Kesusilaan -> Karena Membuat hati si ibu sedih

Kesopanan -> Karena membuat anggota keluarga lain menjadi risih

Di Sekolah

Anak anak jaman sekarang lebih banyak yang mempunyai Hp yang Fiturnya lengkap dan dibawa di sekolahan akan tetapi itu dilarang di sekolah

Penyimpang : Anak Anak Kaya

Gara-gara : Mungkin untuk cari sensasi dan membuat hati yang di pameri menjadi jengkel

Norma yang dilanggar : Hukum -> Karena itu melanggar peraturan sekolah

APAKAH ADA DIANTARA KALIAN?

Dalam Masyarakat

Sering Melanggar Rambu rambu lalu lintas

Penyimpang : Seorang warga

Gara-gara : terburu buru

Norma yang dilanggar : Hukum -> Karena Hal tersebut adalah peraturan yang berlaku

Simpati dan Sanksi

Tempat penyimpangan

Simpati

Di Keluarga

Lebih baik mainan dari ibu dimainkan secara bergantian dari pada ibu membelikan lagi.

Di Sekolah

Tentu dinasehati atau ditegur. Agar si pemilik Hp sadar (dan itu membuat murid yang Tidak mempunyai hp ikut senang)

Di Masyarakat

Para Saksi lebih baik menegur, kenapa dia menerobos ? Tidak tahukah / terburu buru

Tempat penyimpangan

Sanksi

Di Keluarga

Jika Tidak ada yng mau mengalah lebih baik mainan di sembunyikan dari ke 2 adik. Tapi jika mereka marah dihukum saja seperti tidak boleh main ke rumah teman dan tidak dibolehkan menonton tv

Di Sekolah

Jika masih membawa HP lebih baik dilaporkan agar di sita oleh guru dan dipanggilkan orang tua sehingga hati si murid takut dan malu yang bercampur aduk

Di Masyarakat

Jika si pengemudi menyangkal atau memberi jawaban yang tidak masuk akal lebih baik dibawa ke kantor polisi

Untuk memperlengkap, saya membuat tabel statistik penyimpangan sosial yang terjadi pada 3 tempat tersebut menurut pengamatan saya dan Contoh peningkatan / penurunan penyimpangan sosial

Peningkatan / penurunan penyimpangan social:

Contoh Peningkatan DAN Penurunan peningkatan sosial di SEKOLAH :

Ø Penurunan : - Karena jaman sekarang tempat sampah di lebih banyak kan sehingga siswa lebih mudah untuk membuang sampah

Ø Peningkatan : - Karena jaman sekarang siswa lebih banyak yang mempunyai Handphone yang berwarna dan lebih bagus / lengkap fiturnya dan itu dilarang dalam peraturan sekolah

Contoh Peningkatan dan Penurunan penyimpangan di dalam KELUARGA :

Ø Peningkatan : - Terjadinya peningkatan penyimpangan sosial karena mungkin pada jaman kini banyak di buat perumahan sehingga anak-anak lebih mudah untuk bermain ke tempat orang lain dalam waktu yang lama

Ø Penurunan : - Pada jaman kini banyak acara televisi yang mendidik sehingga orang tua tak susah-susah mendidiknya

Contoh peningkatan / penurunan penyimpangan sosial MASYARAKAT :

Ø Peningkatan : - Contohnya Mungkin karena warga menyepelekan kebersihan karena kini banyak diadakan kerja bakti yang diadakan rutin atau ada petugas kebersihan di suatu komplek mereka membuang sampah bukan pada tempatnya

Ø Penurunan : - Karena tahun ini banyak peraturan lalu lintas yang jika dilanggar mendapat denda yang besar atau resiko tinggi masyarakat menjadi lebih patuh oleh peraturan-peraturan tersebut.

Apakah Anda Puas ?

Saya Yakin pasti jawaban anda tidak karena anda jengkel pada saya

Dan Saya Juga yakin anda akan mengejek saya

Pertanyaan:

Bagaimana bila anda mempunyai Hp yang tidak lengkap fiturnya padahal jaman sekarang Hp Hp lengkap fiturnya dan teman teman mengejekmu ? Jelaskan !

Apa yang akan anda lakukan jika anda ketahuan membawa hp di sekolah ?

Apa Harapan anda terhadap orang yang berani melanggar peraturan ? Jelaskan !

Di mana saja anda melakukan pengamatan dan bagaimana caranya anda bisa membuat tabel itu ?

Bagaimana sikap anda apabila anda menjadi salah satu orang yang di pameri hp teman anda ?

Jawaban:

Anda tahu saya peminder jadi jika saya mempunyai Hp yang tidak lengkap fiturnya saya tidak akan membawanya lagi pula saya sudah tercukupi dengan laptop ini

Mengingat saya adalah anak yang jujur saya akan menyerahkanya, lagi pula saya tidak punya Hand Phone

Tentu semua orang tahu harapanya agar dia cepat sadar, karena melanggar itu perbuatan yang tidak baik, selain merugikan orang tanpa sadar kita juga rugi

Sebenarnya saya tidak melakukan pengamatan khusus, saya hanya mengamati lingkungan sekitar. Contohnya : saya mengamati lingkungan masyarakat dari dalam angkutan umum, saya mengamati lingkungan sekolah saat saya hendak pergi ke kelas

Masa Bodoh, jika saya di pameri saya cukup mengatakan “O….. Ngoten to, eaaalah”

0 komentar:

Posting Komentar